Thursday 9 May 2013

Kolesterol vs Es Krim? Luve Litee Pilihannya

Tulisan ini menjadi salah satu kandidat pemenang dalam lomba blog dari Luve Litee Campina (Sayang nggak menang ^_^) Nggak papa, tetap semangat... Never Give Up

Siapa yang tidak mengenal Es Krim?

sumber foto
Es krim bukanlah produk modern. Es krim telah ada sejak ratusan tahun lalu. Ketika peradaban belum mengenal freezer, ice maker atau istilah-istilah keren kuliner lainnya dalam dunia es krim. 

Banyak versi mengenai asal-muasal es krim. Konon sekitar 37-38 SM, seorang kaisar dari Roma bernama Kaisar Nero, memerintahkan para kokinya menghidangkan buah-buahan segar bersama salju yang ada di puncak pegunungan. 



Dalam literatur lain, disebutkan bahwa metode pembuatan es krim berasal dari Cina. Pada masa King Tang of Shang, yang berkuasa sekitar 618-97 SM di Cina, telah dikembangkan metode pembuatan campuran susu dan beras yang dibekukan. 

Seiring waktu, perkembangan es krim dan inovasi resepnya, es krim menjadi makanan favorit di berbagai negara. 

Tanya saja pada anak-anak usia sekolah, mereka pasti berteriak, mauuu! jika mendapat tawaran makan es krim. Saya pun demikian. Kudapan yang satu ini memang selalu menggoda selera. Saya sendiri adalah pecinta es krim.

Teksturnya lembut, dingin, manis bercampur gurih dan... hmmm, luar biasa sensasinya. Apalagi untuk kota Samarinda, yang cenderung panas sepanjang tahun. Es krim selalu nikmat untuk dikonsumsi. 

Es krim, dibuat dari campuran produk dairy (susu, krim, lemak susu), telur, gula, dan bahan campuran lain. Terdapat literatur yang menyebutkan bahwa es krim mengandung lemak susu 10-16 %, milk solid (protein, karbohidrat) 9-12%, pemanis 12-16%, stabilizer (emulsifier) 0,2-0,5%, dan sisanya air.

Bukan masalah, jika penggila es krim adalah orang tanpa masalah kesehatan. Sementara jika yang terjadi adalah penikmatnya orang dengan riwayat kesehatan sensitif terhadap lemak dan gula seperti kegemukan, diabetes, kolesterol tinggi, berpenyakit jantung, mungkin menghindari konsumsi es krim adalah keharusan.

Sayang sekali memang, padahal kudapan yang lumer dilidah ini selalu memanjakan penikmatnya.  Saya pun sempat merasa sedikit repot jika harus menahan keinginan makan es krim. Pasalnya saya, termasuk orang dengan produksi kolesterol tubuh cukup tinggi. 

Namun kini, sudah hadir luve litee. Es krim low fat pertama dan 100% non diary. Luve litee punya tiga pilihan rasa. Green Tea, Chocolate, Raspberry Rosella. 
sumber foto

Saya cocok dengan rasa produk Luve Litee yang tidak terlalu manis dan tidak membuat eneg. Anak-anak saya juga menyukai rasanya.






Yang paling penting, luve litee terbuat dari bahan-bahan 100% dari lemak nabati. Begitupun emulsifier yang digunakan adalah bahan nabati. Bahan susu sapi yang biasa digunakan untuk es krim digantikan dengan susu kedelai. 

Sehingga bagi penderita alergi susu sapi dan tepung-tepungan, misalnya pada penderita autis atau penderita alergi laktosa pada susu sapi, tetap bisa menikmati kelezatan es krim dengan hadirnya Luve Litee.

Kemasan Luve litee imut. Sendoknya terbungkus rapi dalam kemasan. Lebih higienis. Selain itu, buat saya yang gemar sekali lupa(pelupa) meminta sendok es krim ketika berbelanja, maka jika saya membeli luve litee, hal itu tidak terjadi.

Tetap sehat dan nikmati hidup dengan luve litee.

Tulisan ini diikutsertakan dalam even yang diselenggarakan oleh campina






Referensi : 

http://light.mindtalk.com/AsalUsul/post/4eb5c165f7b73075f000034c
http://www.andriewongso.com/articles/details/6936/Es-Krim-Sehat-ala-Gelamisto 
http://food.detik.com/read/2011/11/08/160654/1763064/294/campina-perkenalkan-luve-litee

4 comments:

  1. terimakasih kunjungannya ya ... :)

    ReplyDelete
  2. Yuukk enak bisa hidup sehat bersama luve litee.....
    Goodluck silahkan mampir yuaaa
    http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/05/luve-litee-es-krim-lowfat-anti-gendut.html

    Terimakasih :-)

    ReplyDelete
  3. Waah luve litee,,itukan eskrim kesukaan ku.. upss ^_^

    yuuk mari neng kunjungin balik en komen balik blog ane di
    http://joaniezz29.blogspot.com/2013/05/luve-litee-menemani-anda-ke-arah-hidup.html
    tengkiew ;)

    ReplyDelete